Laman

Jumat, 06 Desember 2013

Pawai Adipura

















 kostum yang kedua ini namanya tengkuluk.

Tengkuluk, Salah Satu Simbol Keibuan Wanita Jambi

Dimasukkan ke rubrik Style and Tune pada 22 Dec 2012. 0 Comments
Tengkuluk merupakan salah satu pelengkap busana tradisional, kaum ibu dan perempuan di Jambi memiliki kebiasaan mengenakan penutup kepala ini. Meski hal ini masih sangat tradisional dan zaman telah beranjak maju, tengkuluk masih tetap setia menjadi simbol kecantikan wanita melayu Jambi.

Seorang wanita melayu Jambi, khususnya seorang ibu akan terlihat sangat berwibawa jika menggunakan tengkuluk ini, mereka bisa menggunakannya disaat bekerja di ladang, mengurus rumah, pesta adat, maupun acara-acara formal. Pemakain tengkuluk tidaklah sulit, piters bisa menggunakan kain khas batik Jambi yang dililitkan ke kepala sedemikian rupa sehingga membentuk suatu model.

Tengkuluk bisa digunakan sebagai penutup rambut, namun bukannya nggak mungkin bagi yang berjilbab untuk menggunakan tengkuluk atau kuluk ini sebagai alternatif lain dalam berbusana. Bagi seorang ibu, ada aturan dalam menggunakan penutup kepala ini, kain yang menjuntai harus diletakan disebelah kanan yang melambangkan bahwa wanita itu adalah seorang ibu dan telah bersuami, lain halnya jika ia seorang gadis, ia harus meletakan kain yang menjuntai kesebelah kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar